Kamis, 17 Juli 2008

NTB Memerlukan Design Marketing

NTB yang kaya akan potensi alam patut menjadi kebanggaan. Sektor pertanian, pariwisata dan bahkan tenaga kerja menjadi andalan selama ini. Namun demikian, potensi yang ada dinilai belum menciptakan nilai tambah bagi kelangsungan kesejahteraan masyarakat.

Ekonom Universitas Mataram, Dr. Agusdin, SE.MBA., kepada Suara NTB di ruang kerjanya, Selasa (15/7) kemarin mengingatkan, adanya upaya dalam meningkatkan nilai tambah dari sejumlah potensi yang ada. Agusdin berpandangan bahwa potensi yang ada jangan sampai menjadi penghasil produk (mentah) semata.

"Di sektor pertanian, jangan sampai hanya menjadi petani. Tetapi harus ada desaign marketing (desain pemasaran), karena kekayaan alam yang ada hanyalah given (berkah)," terangnya.

Kekayaan yang ada di NTB sudah lebih dari cukup. Bahkan dinilainya melebihi potensi yang dimiliki Bali. Seperti sebuah ungkapan ‘’di Lombok ada Bali tetapi di Bali tidak ada Lombok’’, cukup mengena dalam mendeskripsikan potensi Lombok dan NTB umumnya.

Persoalannya sekarang, ujar Agusdin yang juga Sekretaris Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) NTB ini, adalah bagaimana mengemas melalui pencitraan. Seperti di sektor tenaga kerja, disayangkannya jika pengiriman TKI jika hanya sebagai pekerja ladang. Mestinya melalui sentuhan (pembinaan) tenaga kerja dibekali dengan keterampilan.

Meningkatkan image tenaga kerja dapat pula melalui kebijakan pengiriman tenaga dengan SDM yang lebih terampil. Misalnya TKI minimal perawat bahkan sarjana. Implikasinya tidak hanya mengurangi pengangguran lokal, namun angka remittance atau devisa dapat meningkat signifikan. Efek lain adalah memungkinkan kembalinya jati diri bangsa yang banyak disebut-sebut sebagai 'bangsa buruh', dapat diperbaiki. "Kalau dikemas, Lombok sebetulnya bisa lebih kaya (masyarakatnya, red) dari Bali."

Bagaimana kemasan dimaksud? Menurut dia, pencitraan memalui image yang positif harus dibangun mulai sekarang. Bahwa di sektor pariwisata, jaminan keamanan merupakan sesuatu yang vital dan sangat mendukung tercapainya mobilitas wisatawan untuk masuk dan keluar NTB. Kenyamanan melalui sikap ramah tamah yang ditunjukkan masyarakatnya, dapat dikemas melalui promosi yang dapat menjangkau setiap segmen pasar.

Sumber : Suara NTB

0 komentar:

Advertise

Get paid To Promote at any Location
 
Website ini dikelola oleh: Terune Sasak  |    Content by : MusiM